Mengulas Kisaran Harga Tinta Printer Epson Berdasarkan Jenisnya


Banyak hal yang mengharuskan Anda untuk memiliki printer sebagai sarana penunjang komputer atau laptop di rumah, utamanya adalah para mahasiswa tingkat akhir, karena akan sangat membantu dalam menghemat biaya Anda dalam membuat tugas akhir ini. Bagaimana tidak jika seandainya setiap hari semasa bimbingan harus selalu mencetak naskah baru yang diberikan kepada pembimbing. Dengan memiliki printer sendiri paling tidak beban pengeluaran dapat ditekan, cukup dengan membeli kertas dan rutin membeli tinta printer tersebut. Harga tinta printer Epson ini juga tak terlalu mahal, paling tidak sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Banyak alasan yang membuat masyarakat lebih senang menggunakan tinta dengan merk Epson ini. Tentunya bukan sebuah nama baru lagi yang Anda dengar bukan. Mengingat produk keluaran dari Epson ini memang sudah sejak lama dikeluarkan di pasaran, dengan berbagai mana nilai lebihnya tentu saja. Kualitas hasil cetakan yang sangat memadai ditambah lagi dengan produknya yang tidak mudah mengering atau menggumpal meskipun tak digunakan dalam jangka waktu lama tetap awet dan tidak akan merusak printer Anda.

Harga tinta printer Epson ini juga bisa secara mudah Anda cek online, kini banyak sekali situs jual beli online yang menjualnya, produk jaminan asli, namun konsumen bisa lebih leluasa dalam pilah-pilih mana yang terbaik untuk digunakan.


Berbicara mengenai tinta ini sendiri sebenarnya ragam atau jenisnya sangatlah banyak, berikut ini yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu:


  1. Tinta pigmen, jenis durabrite ini tawarkan banyak sekali keunggulan, karena memang bisa mencetak dokumen baik itu yang hitam putih maupun berwarna dengan hasil yang benar-benar bagus. Mulai dari tingkat kepekatan yang pas, ketahanan terhadap air dan juga colorant pigmen, model yang satu ini paling mudah dijumpai di pasaran. Hanya saja kelemahannya ketika tak digunakan untuk jangka waktu lama, maka pada bagian cartridge ini bisa tersumbat, sehingga tidak menghasilkan cetakan yang bagus, harus diganti dengan yang baru.
  2. Tinta dye base, jenis tinta tersebut biasanya paling murah dibandingkan dengan yang lain, terbuat dari campuran air dan juga zat warna, sehingga ketika tidak digunakan untuk waktu yang lama akan mengendap bagian colourantnya, hal ini menyebabkan cartridge menjadi tersumbat, sehingga memicu masalah. Lebih cocok digunakan untuk mencetak secara teratur misalnya pada dokumen-dokumen kantor, sehingga tak mudah rusak, selain itu harganya murah.
  3. Tinta solvent, bisa dikatakan bahwa jenis ini paling bagus kualitasnya, mengingat ketahanan terhadap air dan juga sinar matahari yang sangat tinggi. Karena dibuat dari bahan khusus, maka tinta tersebut tak akan mudah mengendap hingga menyumbat bagian cartridge. Tak akan memicu terjadinya kerusakan, namun harganya juga agak mahal.
  4. Tinta sublimation ink, dibandingkan untuk mencetak di kertas, umumnya tinta ini dipakai mencetak sablon, maupun keramik hingga gelas, karena memang teksturnya khusus. Sehingga tak bisa digunakan untuk mencetak pada kertas biasa, hasilnya nyata dan harganya mahal.
  5. Pigmented art paper ink, umumnya dapat dipakai mencetak baik itu dalam skala yang besar maupun kecil, untuk warna maupun biasa, namun hasil warna jauh lebih bagus dan memiliki kontras yang begitu jelas. Tinta full color ini mudah sekali dijumpai di pasaran.


Harga tinta printer Epson menyesuaikan dengan jenisnya, namun umumnya Epson sendiri hanya memproduksi beberapa jenis layaknya pigmen dan juga pigmented art paper ink.

Tidak ada komentar