Suplemen Kalsium Tablet dan Effervescent: Mana yang Terbaik guna Puasa?

Saat puasa, keperluan kalsium Anda mesti tetap terpenuhi. Saat ini ada sekian banyak  jenis produk suplemen yang dipasarkan di pasaran guna mengisi kadar kalsium Anda, di samping dari sumber makanan harian. Ya, Anda barangkali sudah tahu jenis suplemen kalsium tablet dan effervescent (dibaca efervesen). Namun, apa bedanya kedua jenis suplemen ini? Di antara keduanya, mana format suplemen yang sangat baik, khususnya di ketika puasa? Simak jawabannya di bawah ini.

Perbedaan suplemen kalsium tablet dan effervescent

Suplemen kalsium diperlukan jika seseorang kendala memenuhi keperluan kalsium dalam tubuhnya, terlebih ketika puasa di mana kita tidak menemukan asupan makanan dan minuman apa juga selama tidak cukup lebih 13 jam sehari.

Fungsi utama kalsium dalam tubuh yaitu membina dan menguatkan tulang, tentunya bakal lebih baik bila diiringi dengan asupan vitamin D. Sementara faedah lainnya ialah melancarkan aliran darah, mengirim sinyal saraf, mencungkil hormon insulin, serta menata kontraksi otot dan pembuluh darah.

Itu sebabnya urgen untuk memenuhi keperluan kalsium dalam tubuh yang mayoritas di simpan di tulang dan gigi. Jika kadar kalsium tidak mencukupi, tubuh akan memungut cadangannya dari tulang dan gigi. Akibatnya, tulang dan gigi Anda bakal kehilangan kepadatan serta kekuatannya.

Ada sejumlah bentuk suplemen berisi kalsium yang beredar di pasaran. Bentuk yang sangat populer ialah tablet dan effervescent. Semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, mulai format sampai daya serapnya. Lalu mana yang sangat sesuai dengan keperluan Anda? Cek ulasannya di bawah ini.

Suplemen kalsium tablet

Suplemen kalsium dalam format tablet telan seringkali berukuran besar sampai-sampai sulit guna ditelan. Di antara ketiga format suplemen, format tablet pun lebih lambat diserap tubuh. Pasalnya, tablet membutuhkan waktu solusi yang lebih lama ketika diproses di dalam sistem pencernaan, sebab bentuknya yang padat dan keras.

Suplemen kalsium effervescent

Tidak laksana suplemen kalsium tablet, teknik pakai suplemen dalam format effervescent lumayan unik. Jenis suplemen ini dipasarkan dalam format padatan, namun nantinya tablet effervescent mesti dilarutkan terlebih dahulu dalam satu gelas air putih sebelum kita minum.

Faktanya, dikutip dari Ear, Nose, and Throat Journal, suplemen kalsium dalam format effervescent memang yang paling gampang diserap cepat oleh tubuh bila dikomparasikan dengan jenis tablet. Sebab, kandungan kalsium yang sudah melebur bareng air dapat langsung masuk dan diedarkan ke dalam pembuluh darah tanpa mesti melalui proses panjang pencernaan terlebih dahulu.

Di samping itu, suplemen kalsium effervescent pun dilengkapi dengan rasa yang menarik. Itu sebabnya ketika dilarukan bareng air, warna air ingin berubah cocok dengan rasa effervescent tersebut sendiri. Maka ketika diminum, bakal terasa lebih enak sebab ada rasa pendukungnya.

Saya mesti pilih suplemen kalsium yang mana, ya?

Pada dasarnya, seluruh jenis suplemen kalsium baik guna dikonsumsi ketika puasa maupun tidak. Dengan catatan, kita tetap mematuhi seluruh aturan pemakaiannya. Tak lupa, sesuaikan pun dengan situasi tubuh kita sebelum menilai format suplemen mana yang sangat baik.

Jika Anda kendala menelan suplemen berbentuk tablet, maka opsi lainnya dapat jatuh pada effervescent. Namun, bila Anda menginginkan teknik minum suplemen yang paling gampang dengan daya serap yang sangat cepat, pilihan terbaiknya yaitu dengan minum suplemen effervescent.

Kebutuhan cairan tubuh sekitar puasa pun tidak boleh kita anggap remeh. Maka itu, effervescent juga dapat membantu menambah cairan dalam tubuh melalui teknik pemakaiannya dengan dilarutkan ke dalam air.

Pertimbangan ketika memilih suplemen kalsium

Sebelum mengonsumsi suplemen kalsium supaya kebutuhan harian kita tetap terpenuhi, ada sejumlah poin yang urgen untuk kita catat.

  • Pilih jumlah kalsium yang tepat. Pastikan Anda memahami berapa jumlah kalsium yang kita butuhkan sebelum melakukan pembelian suplemen kalsium. Bagi itu, usahakan periksa label kemasan produk atau konsultasikan pada tenaga kesehatan contohnya dokter, berpengalaman gizi, apoteker, atau bidan yang menangani Anda.


  • Perhatikan aturan gunakan dan interaksi suplemen dengan obat-obatan lain. Sama halnya dengan suplemen dan obat-obatan lain, kerja suplemen kalsium pun bisa meningkat cepat, lambat, bahkan memunculkan komplikasi andai pemakaiannya dibarengi dengan sejumlah jenis obat. Solusinya bila Anda sedang minum obat jenis lain, tanyakan pada dokter apakah suplemen kalsium dan obat tersebut dapat dikonsumsi bersamaan.


  • Tentukan format suplemen kalsium cocok kebutuhan. Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, pertimbangkan format suplemen mana yang paling gampang untuk kita konsumsi. Baik dari sisi ukuran, bentuk, sampai daya serap dalam tubuh.


Salah satu suplemen kalsium dalam format effervescent yang dapat jadi opsi Anda yaitu CDR. Pasalnya, masing-masing tablet CDR berisi kombinasi kalsium, vitamin D, vitamin C, dan vitamin B6 yang dapat membantu merawat kesehatan tulang dan tentunya mengisi nutrisi yang kita butuhkan sekitar puasa. Jangan lupa simaklah aturan pakainya sebelum minum CDR, ya!

Tidak ada komentar