Begini Rahasia Memperpanjang Umur dan Jarak Tempuh Mobil Kesayangan


Jika kita percaya diri untuk mengemudikan mobil berjam-jam lamanya, mobil kita belum tentu dapat melakukan urusan yang sama. Ada sejumlah hal yang mesti diacuhkan jika mobil Anda hendak mempunyai umur yang panjang.

Dilansir autohow stuffworks, mengubah ban dan cairan kendaraan Anda dapat jadi akan meningkatkan performa dari masa-masa ke waktu, namun apakah itu dapat menambah jarak tempuh mobil sejauh 482.803 kilometer?

Untuk diketahui, jarak tempuh tersebut sendiri bukanlah satu-satunya indikator usia panjang suatu mobil. Seseorang dapat mengemudikan 48.000 km satu tahun (rata-rata 24.000 km) dan menguras jaraknya dengan paling cepat, namun seseorang yang menyetir paling sedikit bakal tetapmenyaksikan usia mobil mereka saat interior memudar dan bagian-bagian karet mulai mengering. Belum lagi terdapat bagian-bagian tertentu yangmesti diganti seiring waktu.

Dengan capaian jarak tempuh 24.000 km atau 10 tahun, kendaraan barangkali akan memerlukan radiator baru, alternator, shock, dan tidak sedikit lagi.

David Soloman, berpengalaman mekanik dan editor MotorWatch, berasumsi ada sejumlah hal yang bisa Anda kerjakan untuk memperpanjang usia kendaraan dan jarak tempuhnya.

Pertama, bukan perkara mobilnya, namun Anda sebagai pengemudi. Hindari untuk mengerjakan pengereman seketika dan pun akselerasi berat. Menginjak pedal gas ketika mesin dingin menjadi dalil utama kegagalan mesin.

Di samping itu, tidak boleh menyalakan AC andai Anda baru menghidupkan mesin. Baiknya, Anda memakai AC atau defroster kaca depan minimal sebulan sekali, tidak peduli cuaca apapun. Hal ini untuk mengawal oli bersirkulasi melewati sistem pemanasan dan pendinginan.

Kedua, andai Anda memenuhi bahan bakar dengan kandungan oktan tinggi,namun mesin kendaraan kita dirancang guna reguler, Anda melulu membuang-buang uang sebab hal itu dapat menyebabkan penumpukan karbon di ruang bakar.

Terkait bensin, tidak boleh sampai Anda tidak mempedulikan jumlahnya turun di bawah seperempat tangki. Jika ini terjadi, dapat mengakibatkan kondensasi dan merusak pompa bahan bakar.

Tak melulu itu, memaksimalkan bahan bakar kita dapat mengakibatkan lebih tidak sedikit kerugian daripada kebaikan. Anda bakal merusak tabung emisi yang menguap, dan dapat mengakibatkan indikator "check engine" menyala.

Jika kita benar-benar hendak membuat kendaraan kita bertahan lama, lakukanlah perawatan teratur dan gantikan komponen sebelum bobrok atautidak berhasil  beroperasi.

Untuk destinasi ini, terdapat baiknya guna mengubah ban masing-masing 12.070 km, menggunakan aki yang diuji masing-masing tahun, dan mengubah minyak dan cairan lainnya cocok dengan kitab manual pemilik.

Pada sejumlah kendaraan, mutu ekstra bahkan pun dapat memprovokasi pengapian.

Tidak ada komentar