Alasan Menstruasi Kadang Datang Lebih Cepat


Idealnya, menstruasi datang sekali sebulan, dengan jumlah hari yang tidak cukup lebih sama. Namun, faktanya terkadang berbeda. Bukan tak mungkin, menstruasi mendarat lebih cepat. Apa artinya?

Melansir The Health Site, Dr Maya Lula, seorang konsultan kandungan dan kebidanan di Nanavati Super Speciality Hospital India, menjawab keadaan bingung Anda.

Menurutnya, terdapat beberapa dalil kenapa menstruasi dapat datang lebih cepat. Biasanya, siklus normal seorang wanita ialah 28 hari,tetapi siklus yang lebih singkat atau lebih panjang tidak jarang terjadi.

Siklus menstruasi sangat pendek ialah 21 hari dan sangat panjang ialah 35 hari. Perbedaan sejumlah 5-7 hari dari jadwal seringkali bukanlah sesuatu yang butuh Anda khawatirkan. Jika lebih dari itu, barulah kita boleh waspada dan kunjungilah dokter kandungan Anda.

Selalu Pantau Jadwal Menstruasi

Dr Lula pun menyarankan wanita guna selalu mengawasi jadwal menstruasinya. Selama evolusi siklus tersebut terjadi tidak lebih dari 7 hari, maka urusan tersebut masih normal.

Menstruasi datang lebih cepat dapat disebabkan oleh sejumlah hal. Jikakita sedang stres, urusan ini akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Ini dapat berkontribusi pada percepatan atau penundaan siklus menstruasi.

Gangguan emosional juga dapat mempengaruhi hormon. Hal ini dapat menyebabkan menstruasi jadi berantakan.

Siklus menstruasi kita juga dapat dipengaruhi oleh sejumlah hal lain,laksana pil KB, atau konstrasepsi darurat. Jika kita aktif secara seksual dan memakai pil-pil tadi, ada bisa jadi menstruasi Anda bakal tiba lebih cepat.

Tidak ada komentar